Beberapa Hal yang dapat merusak baterai ponsel/smartphone

Assalamualaikum Wr, Wb

Baterai merupakan kompen yang sangat penting dalam pada ponsel / smartphone ,karena tanpa batareai posel/smartphone tidak dapat di hidup , namun perawatan yang tidak benar dapat menyebabkan baterai cepat rusak.

Tidak dapat dipungkiri bahwa baterai merupakan komponen yang sering rusak , biaya untuk mengantinya pun juga tidak sedikit walau juga tidak banyak , yang lebih bahaya adalah jika kita membiarkan baterai ponsel/smartphone rusak dapat menyebabkan baterai meledak .

baterai cepat rusak

Bahkan terkadang hal hal kecil yang sering kita lakukan dapat menyebabkan baterai cepat rusak karena kita tidak tahu akan bahaya nya hal tersebut terhadap baterai posel/smartphone kita .

Berikut beberapa hal yang sering disepelekan namun justru akan mempercepat baterai  ponsel/smartphone kita cepat  rusak :

1. Men-charge Ponsel/Smarphone semalaman


Mungkin hal ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang termasuk say saat belum mengetahuinya.

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa dengan men-charge ponsel/smartphone semalaman agar pada saat kita bangun baterai sudah ter isi penuh dan tinggal kita gunakan.

baterai dicas semalaman

Padahal hal tersebut ternyata keliru , walaupun benar saat bangun baterai kita sudah terisi penuh namun hal ini berbahaya terhadap baterai kita , Mengapa??

Karena dengan men-charge selama semalam suntuk dapat membuat baterai kita bocor atau rusak ,hal ini terjadi karena daya baterai yang sudah penuh namun kita terus memberinya daya masuk , ibaratnya seperti botol yang terus kita isi air padahal isi botol tersebut sudah penuh, jadi jangan di ulang i lagi kebiasaan ini mulai malam ini agar baterai ponsel/smartphone kita lebih awet.

2. Menggunakan Ponsel/Smartphone saat sedang di charge


Hal  ini juga sering dilakukan oleh kebanyakan dari kita,padahal hal ini jelas dapat merusak baterai kita, baik itu saat kita men-charge langsung ke listrik ataupun menggunakan power bank yang sedang trend saat ini.

Power bank sendiri sebenarnya ditujukan untuk keperluan darurat saja saat kita membutuhkan charge untuk ponsel/smartphone namun tidak ada arus listrik di sekitar kita.

baterai meledak

Saat kita men-charge ponsel/smartphone suhu nya akan meningkat sehingga jika kita menggunakannya untuk keperluan lain baik bermain game,mendengarkan musik,browsing atau sekedar chatting akan  menyebabkan suhu ponsel/smartphone akan semakin meningkat , hal ini dapat merusak sel yang ada pada baterai kita, jadi segera hentikan kebiasaan ini agar umur baterai kita lebih tahan lama

Selain itu hal ini sangat lah berbahaya karena baterai bisa meleda dan berbahaya untuk kita ,dan sudah banyak kejadian dimana smartphone meledak saat sedang dicharge dan digunakan secara bersamaan



3. Mencabut ponsel/smartphone saat baterai belum terisi penuh


Masih berhubungan dengan point sebelumnya ,kebanyakan dari kita juga sering mencabut ponsel/smartphone kita padahal baterai belum terisi penuh.

Ini jelas sangat berbahaya untuk baterai ponsel/smartphone kita karena kebanyak baterai yang beredar sekarang adalah baterai  jenis Li-Ion , perlu diketahu bahwa umur  baterai Li-lon berdasarkan berapa banyak baterai tersebut di isi ulang.

baterai cepat rusak

Sehingga jelas semakin sering kita mengisi baterai ponsel/smartphone kita maka semakin kecil umur baterai kita, jadi biasakan agar men charge ponsel/smartphone hingga terisi penuh baru dicaput ,agar umur baterai nya lebih tahan lama.

4. Menggunakan Charger yang tidak sesuai spesifikasi


Sering kali saat charger ori bawaan ponsel/smartphone kita sudah rusak kita mengantinya dengan charger yang tidak sesuai spesifikasi ,contohnya saat kita memiliki smartphone blackberry kita tidak boleh menggunakan charger miliki android apa pun jenis smartphone androidnya karena pada dasarnya spesifikasinya sendiri berbeda .

Namun kebanyakan dari kita tidak mempedulikan hal itu ,asalkan cocok atau bisa buat charge kita cenderung untung menggunakannya, padahal hal ini dapat merusak baterai ponsel/smartphone kita.

cas tidak sesuai

Apabila kita memiliki uang yang cukup dan charger ponsel/smartphone kita rusak lebih baik kita mengantinya dengan yang ori ,karena jelas dengan charger ori akan lebih sesuai dengan ponsel/smartphone yang kita gunakan dan kualitasnya lebih tercamin.

Namun jika terpaksaanya kita tidak bisa membeli charger yang ori beli lah charger yang daya nya sesuai dengan smartphone kita , atau kita juga bisa membeli charger third party yang sesuai dengan spesifikasi ponsel/smartphone yang kita gunakan ,karena sekarang sudah banyak charger third party yang sudah mendapat lisensi resmi sehingga aman untuk digunakan asalkan spesifikasinya sesuai dengan smartphone kita.

5. Ponsel tidak pernah dimatikan

Ponsel/smartphone kita juga sama dengan manusia ,juga butuh di istirahatkan ,ini lah hal sepele yang mungkin jarang bisa kita lakukan.

Jika kita terus terusan menggunakan ponsel/smartphone kita secara 24 jam tentu ini tidak baik untuk baterai dan komponen lainnya karena akan membuat ponsel/smartphone kita panas terus ,apalagi jika sambungan data kita selalu hidup.

hp tidak pernah mati

Sebaiknya matikan ponsel/smartpjone kita saat kita tidak sedang menggunakannya seperti saat ktia sedang tidur atau saat kita sedang mencharge ponsel/smartphone kita seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,
hal ini bertujuan agar ponsel/smartphone kita dapat istirahat dan suhunya dapat kembali normal karena dengan mematikan ponsel/smartphone kita otomatis ponsel/smartphone kita tidak melakukan pekerjaan apa pun sehingga dapat menurunkan suhu nya.

6. Men-charge ponsel/smartphone dengan laptop


Saat ini hampir semua charger untuk smartphone kita dapat dipisah dengan adaptornya yang memiliki ujung USB , sebenarnya tujuan di desain seperti itu adalah agar kita lebih mudah saat ingin memindahkan data ke komputer/laptop kita.

Namun justru banyak yang menggunakan ini untuk men-charge smartphone padahal port  USB pada laptop mengeluarkan daya yang berbeda dengan adaptor untuk yang kita gunakan untuk smartphone kita.

cas hp dengan laptop

Pada umunya charge smartphone yang menggunakan USB mengeluarkan arus 0,8 - 2 Ampere sedangkan port USB pada laptop hanya mengeluarkan arus 0,5 ampere.

Sebenarnya men-charge dengan laptop untuk jaga waktu pendek tidak merusakan namun karena arus nya dikeluarkan berbeda dengan adaptor pada smartphone ,maka jika digunakan terus menerus akan merusak baterai kita, dan perlu  diingat bahwa pabrik smartphone menganjurkan untuk setidaknya minimal seminggu sekali smartphone di charge dengan menggunakan chargernya

selain beberapa hal di atas yang perlu di perhatikan agar baterai lebih awet sebaik juga matikan apliaksi yang tidak digunakan saat smartphone/ponsel menyala seperti memartikan bluetooth dan wi-fi karena ini juga mengurus daya baterai , dan juga jangan mendekan smartphone/ponsel dengan medan magnet seperti tv,speaker aktif,dan barang  elektronik alinnya karena berbahaya untuk komponen komponen yang ada didalam ponsel/smartphone


Sekian tip untuk hari ini semoga bermanfaat
Wassalamuaikum wr wb

1 Response to "Beberapa Hal yang dapat merusak baterai ponsel/smartphone"