Cara Instal Android Studio di Linux

Assalamualaikum Wr, Wb

Pengembangkan android sangat lah pesat di Indonesia sehingga menciptakan banyak pengembang baru di Indonesia baik yang baru ingin memulai atau pun yang sudah mendalami bahasa java dan ingin ikut mengembangkan / membuat aplikasi untuk android.
android studio linux

Banyak sekali software untuk membuat aplikasi android , salah satu yang paling terkenal adalah Android Studio yang memang merupakan IDE  resmi yang dibuat oleh google .

Android studio merupakan software multi platform dan juga bersifat free sehingga dapat di instal di windows , mac OS maupun linux .

Di Indonesia sendiri pengguna smartphone android merupakan pengguna terbesar yang dan terus meningkat dari tahun ke tahun,sehingga menjadi penggembang android memiliki peluang yang sangat besar terutama untuk saat ini.

statik pengguna smartphone

Beberapa waktu lalu ada orang yang menanyakan ke pada saya bagaimana cara instal Android studio di linux ,sehingga saat buat lah tutorial ini.

Selain karena merupakan IDE resmi dari google android studio banyak digunakan karena memiliki kelebihan kelebihan berikut ini
  • Memiliki Grandle Build System yang fleksibel
  • Dapat menggenerate file apk dalam berbagai varian
  • Memiliki banyak pilihan template
  • Terdapat berbagai plugin 
 Cara instal android studio di linux sendiri sangat lah mudah namun sebelum menginstal android studio pastikan bahwa di linux yang digunakan telah terinstal jdk 6 atau yang lebih tinggi ,dan untuk  mengembangkan aplikasi dengan target  android lolipop harus mengunakan JDK 7 keatas, jika sudah terinstal maka berikut cara instal android studio nya,dimana di sini saya menggunakan linux mint .

Instal android stuio di linux mint


  1. Download terlebih dahulu Android studio dari link asli nya Download
  2. Kemudian unzip file yang telah di download tadi ,dan taruh dimana kalian suka,namun saya menyarankan untuk di taruh di direktori home
  3. Kemduian buka folder android studio tadi dan masuk ke folder bin
  4. Klik kanan pada direktori tersebut dan klik open in terminal 
  5. Lalu ketik ./studio.sh dan tunggu hingga android studio terbuka
  6. Saat pertama kali membuka maka  akan muncul tampilan setup wizard
android studio linux mint
   7. Jika anda belum memiliki sdk untuk linux maka ikuti setup wizard untuk              menginstal sdk yang dibutuhkan,perlu di ketahui saat mendownload sdk              pastikan koneksi anda dalam keadaan stabil dan jangan lemot karena file            sdk sangatlha besar sehingga membutuhkan koneksi yang kencang untuk            mendowloadnya agar tidak memakan banyak waktu

android studio sdk linux mint 

     8. Tunggu hingga proses download selesai ,dan anda tinggal membuat                     aplikasi yang anda inginkan 

dan ini beberapa tampilan dari android studio yang saya gunakan

android studion linux mint

android studio linux mint


Sedikit tips dari saya jika anda menggunakan laptop/Pc dengan spesifikasi kurang memadahi dan ingin menjalankan program yang anda buat untuk mengetest apk  gunakan smartphone android anda sebagai emulator karena jika menggunakan emulator bawaan akan sangat berat untuk laptop anda.

Untuk mempelajari android studio sendiri sekarang ini juga bisa dibilang mudah karena banyak sekali forum forum yang ada di internet dan juga tutorial selain itu kita juga mempelajari dari program program yang telah dibuat oleh orang orang yang berpengalaman yang banyak dishare terutama di Github atau mengikuti kelas online seperti yang disediakan Dicoding.

Sekian tutorial kali ini semoga menjadi berkah untuk kita semua ,dan jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare


Wassalamualaikum wr, wb

1 Response to "Cara Instal Android Studio di Linux"

  1. sekarang pengguna linux udah sedikit tapi dengan adanya artikel ini dapat membantu para pengguna linux

    ReplyDelete