Info Project Ara Smartphone yang bisa dibongkar pasang

Assalamualikum Wr. Wb

Sekarang ini smartphone memang sudah seperti menjadi barang pokok, kemana mana pasti smartphone selalu dibawa , banyak varian smartphone yang di tawarkan oleh vendor vendor ternama dengan model dan spesifikasi yang beragam , namun pernahkah kita mempunyai angan angan untuk memiliki smartphone yang sesuai dengan desain dan spesifikasi yang kita buat sendiri??

project ara
Project Ara dari Google

Jika kalian pernah mempunyai angan angan seperti itu maka google akan segera menjawab nya , ya  setelah tertunda pada tahun ini  , google secara resmi telah mengumumkan bahwa project Ara akan diluncurkan pada tahun 2017 yang akan datang , dan untuk para developer modular smartphone ini akan hadir sekitar bulan september .

Lalu seperti apakah projek ara itu?


Mungkin bagi yang baru pertama mendengar apa itu project ara , akan bertanya apa itu projek ara, seperti yang sudah saya singung pada awal artikel ini project ara merupakan project yang dibuat oleh google dimana nantinya kita dapat mengcostume sendiri smartphone yang kita gunakan baik dari segi desain maupun dari spesifikasi nya
modul pada project ara
Slot modul pada Project Ara
Project ara sendiri merupakan sebuah ponsel modular yang dikembangkan oleh tim Advanced Technology and Project ( ATAP ) ,salah satu devisi milik google , yang dimaksud dengan  ponsel modular sendiri adalah ponsel yang terdiri dari bagian bagian yang disebut modul  , modul yang dimaksud disini adalah seperti kamera prosesor,speaker  memori internal dan baterai .

Sehingga kita dapat menentukan sendiri mau seperti apa smartphone yang kita miliki , kita bisa mensetting apakah kamera nya ingin memiliki hanya 5 MP atau ingin 24 MP dengan RAM 1 GB , ataupun 4 GB , semua dapat kita tentukan sendiri ,  dan tentunya jika ada update smartphone dengan spesifikasi yang lebih  kita bisa langsung upgrade sendiri tanpa perlu membeli smartphone yang baru , dan uniknya  pergantian modul dapat dilakukan dengan menggunakan perintah suara ,seperti yang di demo kan pada konfernsi google I/O , dimana saat itu salah satu orang dari google  mendemokannya dengna mengucak "ok google , cabut kamera " ( dalam bahasa inggris tentunya ) dan seketika modul kamera akan copot dan kita dapat mengantinya
Nama ara sendiri diambil dari nama desain mekanin dari project ara , seperti yang dilansir dari situs resminya " Pemimpin desainer mekanik kami bernama ara dan kami menyukainya. Dan kami juga menyukai namanya , maka kami menamakan smartphone ini dengan ara, kami harap kalian menyukainya juga "


Dari mana kita mendapatkan modular ?


Untuk modular nya sendiri kita diberi keleluasaan untuk menggunakan modular dari berbagai merk seperti toshiba,samsung dan brand lainnya . Sehingga kita dapat menggunakan kombinasai dalam modular yang kita pakai  , kita bisa menggunakan  kamera dari Toshiba ,speaker dari samsung dan RAM dari HTC , menarik bukan?? dan ad sedikit bocoran bahwa perusahaan seperti Marvell,Nvidia,Toshiba,Vestigen ,Sennheiser dan Kingston  akan menjadi perusahan yang membuat modul untuk Ara

modul pada project ara
Macam Macam Modul pada project Ara
Dari sisi desain  ,nantinya secara standar ara akan memiliki warna abu abu , karena warna itu dianggap warna netral sehingga banyak orang yang menyukainya , selain itu nantinya ara akan memiliki 6 slot flexsibel yang dapat kita isi dan bongkar pasang  sesuai dengan ingin an kita .

Kerangka dari ara sendiri akan menggunakan metal endoskeletal atau biasa dikenal dengan endos. sedangkan modul nya akan menggunakan magnet electro-permanent  sehingga dapat di geser dan dilepas serta dipasang sesuai keinginan kita namun tidakakan mudah lepas.

Untuk bagian depan sendiri kita dapat memasang modul yang tentunya berhubungan dengan interface seperti display, mikrofon, kamera depan, dan untuk bagian belakangnya kita dapat mengisi denga modul kamera belakang ,RAM ,prosesor ,memori internal baterai ,wi-fi ,bluetooth dan perangkat fungsionalitas lainnya

Spesifikasi dan Harga Ara


Dari segitu bentuk sendiri rencana nya ara akan tersediri dalam  3 bentuk yaitu mini dengan ukuran 118 x 45 x 9.7 mm dengan slot 2 x 5, medium dengan ukuran 141 x 68 x 9.7 mm dengan slot 3 x 6 dan besar dengan ukuran 164 x 91 x 9.7 mm dan slot 4 x 7

Dan untuk spesifikasinya secara standar Ara akan hadir dengan sistem operasi android 6.0  Marshmallow dengan RAM 3 Gb dan memori internal 10 Gb atau 25 Gb , spesifikasi yang tidak bisa dibilang kecil bukan.

Spesifikias Ara
Spesifikasi Ara
Dari dapur paju nya sendiri untuk standar Ara akan dibekali dengan chipset Qualcomm's Snapdragon 810 SoC dan prosesor Octa-Core serta denga fitur yang cukup lengkap yaitu akselerometer, barometer, kompas, GPS, Bluetooth, giroskop, sensor cahaya, NFC ,  pedometer dan ada info juga bahwa Ara akan dibekali dengan fitur yang hanya dimiliki oleh Ara sendiri namun masih dirahasiakan oleh google.

Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Ara adalah  smartphone yang bisa dibongkar pasang ,sehingga jika dengan spesifikasi di atas kalian masih belum cukup kalian dapat mengantinya sesuai dengan kehendak kalian ,jik kalian suka berfoto dan berselfi maka kalian bisa menganti kamera nya dengan kamera 16 MP misalnya ,dan jika kalian suka bermain game kalian bisa menganti pula RAM nya .

Project Ara

Dari segi harga sendiri ,menurut kabar Ara akan dibandrol dengan harga US$ 50 atau sekitar 680 ribu namun tentunya dengan spesifikasi tidak seperti di atas, dan hanya terbatas pada fitur dasar saja selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah  Ara hanya mendukung konektifitas Wi-Fi belum ada koneksi seluler, dan jika ingin mendapatkan spesifikasi yang lebih besar harganya bisa mencapat 10 kali lipat yaitu sekitar US$ 500 atau hampir 6800000 ribu .

Untuk modul nya sendiri  akan tergantung dari perusahaan yang mengeluarkan modul  ,tetapi google memperikiran harganya akan berkisar antara US$ 10 - US$ 300.

Tentunya jika smartphone Ara ini sudah keluar akan ada banyak konsumen yang langsung membelinya karena smartphone yang bisa di sesuai kan sendiri setiap waktu merupakan harapan banyak orang

sekian semoga informasi ini bermanfaat

Wassalamualaikum wr, wb





2 Responses to "Info Project Ara Smartphone yang bisa dibongkar pasang"

  1. informasi Proyek Ara Google, Grow Up or Bye-Bye Google memang sangat membingungkan dan penuh tanda tanya. tapi, yang pasti google akan melakukan perubahan pada cara kerja mereka dan algorithma mesin pencari mereka

    salam
    Jasa Seo Surabaya

    ReplyDelete
  2. jadi dengan project ara kita bisa buat desain maupun spek yang kita ingin kan sendiri, keren yaa...
    solder uap lengkap

    ReplyDelete