Selasa 18 Maret 2014 ( Tip Presentasi di depan Umum )

Assalamualikum Wr, Wb

Selamaat malam sobat,cukup melelahkan nih kegiatan hari ini  tapi juga sebanding dengan ilmu yang kami dapat :), dari tadi pagi saya dan teman teman mulai membenahi dan mengoreksi power point yang akan dipresentasikan ,karena banyak yang harus dipresentasikan,kami diminta untuk mempresentasikan apa yang pernah kami buat sebelumnya yang juga sudah saya share kepada teman teman sekali.
Karena sistem presentasinya acak jadi saya terus terusnya mempelajari dan membenahi nya terutama pada  pembuatan Maillist di windows server dan juga  tentang lapisan OSI karena masih ada hal hal yang membuat saya rancau ,tapi alhamdulilah untuk lapisan OSI tadi sedikit mendapat penerangan karena tadi sempat mengikuti sesi pembelajaran dengan anak anak kuliah yang membahan tentang protocol, ternyata kuliah itu asyik juga :) apa lagi jika pembawaan dari dosen mudah diterima dan tidak membuat bosan, tapi walaupun begitu saya masih belum cukup pemahaman dengan lapisan OSI , apalagi untuk tugas Maillistnya dan ternyata kekhawatiran saya benar, penyebab dari gagalnya pengiriman email di maillist kemarin bukan karena saya mengunakan virtual box, tetapi karena saya baru sampai proses pembuatan penyimpanan dan saya harus menginstall aplikasi untuk pengiriman email ( kalau tidak salah ) ,harus diselesain nih udah setengah jalan gak boleh gak diselesain :) .

Dan pada waktu presentasi saya banyak mendapat beberapa ilmu dan tips secara tidak langsung saat kita menghadapi / melakukan presentasi ,hal ini saya dapat dari teman teman yang tadi sudah lebih dulu melakukan presentasi,

Berikut beberapa tips melakukan presentasi yang insyaallah bisa memaksimalkan presentasi teman teman :
  1.  Pastikan anda menguasai apa yang akan anda presentasikan.jangan hanya sekedar copy paste dari punya orang lain, karena ini justru nanti akan membuat presentasi teman teman kacau,sebagus apa pun bentuk file presentasi teman teman tapi kalau teman teman tidak menguasainya sama saja bohong,tapi bukan berarti tidak boleh copy paste ,silahkan teman teman copy paste tapi dengan catatan teman teman tidak mengcopy secara keseluruhan jadi hanya sekedar merangkup dan memahami dari apa yang teman teman copy lebih baik lagi jangan hanya copy paste tapi tulis lah ulang apa yang anda ingin copy, yang jelas hal pertama dalam presentasi yang harus diperhatikan adalah penguasaan materi
  2. Siap kan mental teman teman sebaik mungkin , ini lah hal kedua yang harus diperhatikan saat presentasi ,percuma juga kalau teman teman sudah benar benar menguasai materi yang ingin teman teman sampaikan tapi saya di depan teman teman menjadi grogi dan tidak percaya diri,nah latihan kepercayan diri teman teman dengan cara bercermin dan praktekkan seperti anda sedang presentasi didepan orang banyak (memang kalau dilihat orang seperti orang gila sih :p ),dan coba lah untuk mengajari adek teman teman atau orang orang dengan umur lebih mudah dari teman teman hal ini akan membantu kosa kata teman teman dalam berbicara didepan umum nantinya, dan juga kalau disuruh maju kedepan kelas untuk menerangkan sesuatu berani,awalnya pasti grogi tapi lama kelamaan pasti nyaman dan akan sangat berguna saat presentasi didepan umum ( ini terbukti efektif bagi saya )
  3. Buat lah slide yang sesingkat mungkin tapi menarik ,nah bagi teman teman yang pengunakan power point tidak perlu membuat slide terlalu banyak untuk karena kita ini akan presentasi bukan menyuruh Audien untuk membaca ,lagian pada  point pertama sudah saya jelas kan ,bahwa kita sangat perlu untuk memahami apa yang ingin kita presentasikan jadi kita tidak perlu menulis banyak slide untuk dibaca Audien tapi kita perlu memberikan pengertian dan pemahaman tentang apa yang ingin kita sampaikan.
  4. Kuasai lah Audien jangan biarkan Audien menguasai kita ,maksudnya adalah kita yang harus memenuhi ruangan dengan suara kita bukan Audien yang memenuhi ruangan dengan suara yang tidak jelas ,ini lah yang sangat sulit bagi saya pribadi karena saya sendiri belum bisa untuk menguasai Audien saat sedang presentasi di depan umum, tapi insyaallah kelak kita bisa kalu terus mencoba :) yang penting PD dulu 


mungkin banyak cerita pada hari ini ,bagi teman teman yang membaca artikel saya ini sampai disini ada dua kemungkinan yang pertama karena memang  membaca dari akhir yang kedua karena tidak betah membaca tulisan saya dari awal sampai akhir jadi langsung menuju ke akhir artikel :p ,
sekian dulu teman untuk hari ini

Wassalamualaikum Wr, WB

0 Response to "Selasa 18 Maret 2014 ( Tip Presentasi di depan Umum )"

Post a Comment